Senin, 06 Maret 2017

3 Pengusaha Muda Indonesia

BY Sullivan No comments



















Haii semuanya. Lama kita gak berjumpa ya. Kali ini saya kembali lagi untuk membahas tentang para pebisnis muda Indonesia yang telah sukses di bidangnya masing masing. Mungkin tanpa basa basi lagi, yuk langsung kita bahas tentang perjalanan mereka menuju kesuksesan


1.    Brian Arfi Faridhi
Nah.. ini adalah salah satu contoh anak muda Indonesia yang terbilang sukses dalam bisnis IT. Ya, pemlik PT. Dhezign ini bisa meraih omset mencapai 500 juta dalam setahun.
Brian memulai bisnisnya dengan menjual melakukan banyak hal, mulai dari bisnis les privat, berjualan parfum di koridor kampus, buka lapak, jual jus di rombong kaki lima, jual roti bakar, burger penyet, es bubur kacang ijo, hingga berjualan batagor keliling pun sempat ia lakukan.
Di sela sela kesibukannya yang masih merupakan mahasiswa aktif di Institut Teknologi Sepoluh November, ia juga menggeluti usaha di bidang  IT, mulai dari blog, ikut milis, hingga mendesain sebuah website. Dari kegemaran bereksperimen dengan komputer itulah, pada 2006, lahir sebuah toko yang mendisplay produk secara online atau biasa kita sebut dengan toko online.
Nmun perjalanannya dalam bisnis ini tidaklah mudah. Banyak hal yang harus ia lakukan. Untuk mencari orang yang mau memasarkan produknya di internet sangat sulit, tidak sedikit yang menolak untuk memasarkan produknya di internet. Namun ia tidak patah semangat, ia pun terus mencari sendiri orang yang mau bekerjasama dengannya. Ia juga menjadi seorang Web Development, yaitu seorang perancang dan pembuat website untuk kebutuhan orang atau perusahaan. perusahaan yang telah memanfaatkan jasanya adalah Baba Rafi, Yayasan Kas Pembangunan, Indah Bordir (toko batik di Sidoarjo), serta Universitas Wijaya Putra.
Kini ia pun semakin rajin menggeluti bisnis di bidang IT khususnya di bidang web development, dan sekarang sudah mulai banyak perusahaan perusaan yang memakai jasanya sebagai web development, khususnya bagi para anak muda yang ingin memulai bisnis dengan memanfaatkan sebuah website.

2.    Agung Nugroho
Agung Nugroho adalah seorang pebisnis yang menggeluti usaha di bidang laundry kiloan dengan nama Simply Fresh. Pemuda lulusan Fakultas Hukum UGM ini memulai bisnisnya dengan bisnis Distro dan Counter HP. Namun ternyata bisnis dalam bisnis ini, ia menemukan jalan buntu. Pada saat lulus tahun 2007, orang tuanya menyarankannya untuk bekerja di Bank Indonesia, namun ia memohon iin pada keluarganya untuk menajalankan usahanya di bidang lain.
Akhirnya ia mencoba di usaha cucian ini.  Memang tidak mudah untuk melakukan bisnis ini dikarenakan banyak pesaing. Untuk menyikapi persaingan maka ia harus memiliki kelebihan dalam usaha ini, yaitu ia menambahkan aroma pewangi, garansi total jika ada kerusakan, dan yang terakhir adalah deterjen yang ramah lingkungan, bahkan bisa menyuburkan tanaman.  Simply Fresh kini menjadi laundry favorit para mahasiswa di Yogyakarta karena harga yang ditawarkan sangat murah.



3.    Oily Purnama Sari
Oily adalah anak muda yang menekuni usaha di bidang kuliner, khususnya donat bakar. Setalah ia lulus tahun 2007, ia memutuskan untuk mengikuti pelatihan selama 3 bulan Ciputra Enterpreneurship, dan diberi modal untuk melakukan bisnisnya, maka ia pun mencoba bisnis donat. Donat yang ia jual tidak seperti kebanyakan donat yang ada. Donat yang ia jual terbuat dari ubi jalar dengan nama produk Donatello. Ternyata banyak orang yang menyukai produknya tersebut. Karena itu ia terus berinovasi dengan bisnis donatnya tersebut. Ia kemudian mencoba membuat donat bakar, dan ternyata donatnya tersebut disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Orang tuanya mengharapkannya untuk bisa bekerja di perusahaan atau di pemerintahan, namun ia tidak patah semangat. Justru ia seakin tertantang dengan keadaan itu. Bahkan kini Oily sukses membawa merek dagangannya yang mulai dikenal di kalangan kampus dan pusat perbelanjaan.  Bisnisnya terus dikembangkan dengan membuat jaringan bisnis dengan perusahaan katering dan orderan resmi seperti orderan di kantoran.


Kesimpulan

Kesuksesan memang bukan sesuatu yang bisa didapatkan dengan mudah. Terkadang kita harus memulai sesuatu dari yang terkecil dan kadang kita harus merasakan yang namanya kegagalan dan ditentang olah banyak pihak, termasuk keluarga kita sendiri. Namu itu semua tergantung pada pilihan kita untuk melanjutkan usaha bisnis kita atau meninggalkannya. Para pebisnis di atas menghadapi banyak sekali rintangan yang pastinya tidak mudah untuk mencapai sebuah kesuksesan, namun dengan semangat yang kuat sertaperencanaan yang matang, maka mereka bisa mereka bisa menjadi orang orang yang sukses dala berbagai bidang.

Sumber : Sumber

0 komentar:

Posting Komentar