Senin, 17 April 2017

Peluang Usaha Baru

BY Sullivan No comments

Hallo semuanya., apa kabarnya kali ini ? semoga baik baik aja ya semuanya. Nahh kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang peluang usaha baru. Nahh apa sih point point yang ada dalam peluang usaha baru itu, langsung aja kita cek bersama ya dibawah ini
1.      Penetapan kelayakan usaha baru

Alasan utama kegagalan usaha baru adalah :
A.    Pengetahuan pasar yang tidak memadai
B.     Kinerja produk yang salah
C.     Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
D.    Tidak disadarinya tekanan persaingan
E.     Keusangan produk yang terlalu cepat
F.      Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
G.    Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebih-lebihan pada asset tetap, dan kesulitan keuangan yang berkaitan.

2.       Analisis kelayakan teknis

Persyaratan teknis yang paling penting :
A.     Design produk dan daya tarik penampilannya.
B.      Fleksibilitas, modifikasi ciri luar dari produk untuk memenuhi konsumen.
C.      Daya tahan bahan baku produk.
D.     Kinerja produk dalam kondisi normal baik.
E.      Standarisasi ada, biaya perawatan rendah, mudah ditangani. Langkah selanjutnya perlu uji coba produk untuk memenuhi gagasan pelanggan potensial

3.       Penilaian peluang pasar

Melalui riset pasar dapat membantu :
A.    Menemukan pasar yang menguntungkan.
B.     Memilih produk yang dapat dijual.
C.     Perubahan perilaku konsumen.
D.    Meningkatkan teknik pemasaran.
E.     Jadi tujuan riset pasar untuk mengumpulkan informasi untuk mengambil keputusan.

Tiga aspek mengenai pasar bagi produser :
1)      Penelitian potensi pasar dan identifikasi pelanggan.
2)      Analisis berapa besar perusahaan baru bisa memanfaatkan potensi pasar.
3)      Penentuan peluang nyata pasar dan risiko melalui uji coba pasar.
Langkah untnk mengidentifikasi dan mengestimasi potensi pasar :
1) Identifikasi pemakai akhir dari produk.
2) Identifikasi segmen pasar pokok (peluang homogen)
3) Memperkirakan volume pembelian potensial dalam tiap segmen pasar.

Penentuan dan evaluasi potensi pasar bisnis usaha baru melalui :
1) Pengumpulan data yang relevan dengan pasar
2) Mengetahui potensi pelanggan.
3) Motivasi pembeliannya.
4) Kebiasaan membeli.
5) Dampak perubahan dalam karakteristik produk.
4. Analisis kelayakan finansial

Pendekatan analisis usaha baru dipusatkan pada :
a. Penentuan kebutuhan finansial total.
b. Penentuan sumberdaya finansial yang tersedia.
c. Penentuan aliran kas di masa yang akan datang.
d. Penentuan pengembalian dari investasi.


4.       Analisis kelayakan finansial
Pendekatan analisis usaha baru dipusatkan pada :
a. Penentuan kebutuhan finansial total.
b. Penentuan sumberdaya finansial yang tersedia.
c. Penentuan aliran kas di masa yang akan datang.
d. Penentuan pengembalian dari investasi.

5.      Penilaian kemampuan organisasional
Persyaratan yang perlu dalam usaha Baru :
A.    Penentuan kebutuhan personalia dan perencanaan struktur organisasi awal.
B.     Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia. Kendala yang sering dihadapi kemampuan personil kurang.
C.     Persaingan dalam mendapatkan personil yang memadai dengan perusahaan lain.
D.    Setiap bisnis usaha umumnya cenderung menghadapi dua jenis tekanan persaingan.
1) Persaingan produk atau jasa yang identik
2) Tekanan tidak langsung dari barang subsitusi

6.      Analisa Persaingan

a.       Identifikasi pesaing besar potensial
b.      Identifikasi strategi dan taktik yang digunakan.
c.       Identifikasi keuntungan persaingan tertentu.


Sumber : Modul Kewirausahaan Universitas Gajah Mada

0 komentar:

Posting Komentar