Senin, 10 Oktober 2016

Kebudayaan

BY Sullivan No comments









"Kebudayaan..."







Halo teman teman. apa kabarnya hari ini ? Pastinya luar biasa bukan ? kali ini saya mau menulis tentang Kebudayaan secara Universal

apa sih sebenarnya arti dari kebudayaan itu sendiri ? nah menurut Mas Wikipedia nih, arti dari kebudaan itu sendiri adalah "suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis."

Jadi, kebudayaan itu sendiri asalnya adalah suatu kebiasaan dari suatu generasi yang diteruskan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya. Jadi kebudayaan yang ada di setiap berbagai belahan dunia itu diwariskan dari para generasi terdahulu kita kepada kita sekarang ini, dan diharapkan akan terus berkembang sampai ke generasi yang akan datang.

Di Indonesia sendiri ada banyak loh kebudayaan unik yang sering sampai kita jumpai. Contohnya adalah seperti berikut :


1.   Ritual Tiwah

Budaya Ritual Tiwah, adalah upacara mengantarkan tulang belulang orang yang sudah meninggal ke dalam sandung, sehingga orang yang meninggal bisa sampai ke surga. Ritual ini dilakukan oleh suku Dayak Kalimantan Tengah, khususnya yang menganut kepercayaan Kaharingan atau Hindu Kaharingan.
Tradisinya memang unik teman-teman, orang yang meninggal dikubur sampai tiwah diselenggarakan, setelah itu mayat dibongkar kembali dan dibakar sampai tersisa tulang saja. Ada juga acara lain sambil diadakannya ritual tiwah ini teman-teman seperti acara menari, nyanyian khas suku dayak, sembelih hewan kurban hingga memasang lagu, kadang pakai lagu dangdut biar gak ngantuk. Bagi masyarakat dayak, ritual tiwah dianggap ritual sakral namun seiring dengan waktu tradisi tiwah mengalami perubahan zaman, dikarenakan keluarga korban tidak mampu mengadakan ritual tiwah, mungkin karena beberapa faktor makanya susah mengadakan acaranya.



2. Kebo-Keboan


Nah satu lagi nih budaya yang unik adanya di daerah Banyuwangi khususnya Desa Alasmalang dan Aliyan. Namanya adalah kebo keboan, unik kan namanya ?
Upacara ini biasanya diadakan pada hari minggu. Sesuai namanya, dalam ritual ini biasanya orang akan didandani mirip seekor kebo, unik kan teman-teman ? Mayoritas yang ikut laki-laki, nah biasanya yang wanita itu mempersiapkan makanan dan sesajennya berupa tumpeng, peras, air kendi, kinang, ingkung ayam, aneka jenang, bungkil, cangkul, pisang, beras, pitung tawar, kepala, dan bibit tanaman padi.
Diiringi musik tradisional, kebo-keboan yang tadinya adalah para pria-pria yang berdandan itu mulai membajak sawah mirip kerbau asli, dan bisa saja menyeruduk para penonton, banyak juga kebo-keboan ini kesurupan dan menjadi liar. Hati-hati ya nontonnya jangan dekat-dekat teman-teman.

3. Debus

Nah, teman -teman pasti tau tentang tradisi ini dong. siapa yang tidak tau atraksi debus? Debus merupakan salah satu seni bela diri  unik dari Banten. Yang bikin unik dari tradisi ini adalah biasanya atraksinya itu seprti melukai badan sendiri. Maklum karena merasa udah kebal, jadi santai aja. Pokoknya unik dan menarik kayaknya mempelajari debus ini yaa.

Nah kira-kira seperti itulah kebudayaan Indonesia. Pastinya unik unik kan ? nahh makanya tugas kita sebagai warga negara yang baik adalah menjaga dan kalua bisa ikut serta melestarikan tradisi budaya yang unik ini sehingga kelak anak cucu kita masih bisa menikmatinya nanti.

Terimakasih 

0 komentar:

Posting Komentar